Saturday, December 4, 2010

Wizard of Oz: The Story

Masih inget cerita Wizard of Oz? cerita ini dibuat tahun 1939 tapi sangat klasik karena saya juga nonton film ini beberapa kali.

Anak perempuan yang masih berusia 12tahun bernama dorothy gale tinggal dengan bibi dan pamannya di Kansas dan mempunyai anjing bernama toto. Suatu hari dirinya terbawa angin tornado ke sebuah tempat dimana dia bertemu bidadari bernama Glinda (the witch from the North)yang mengatakan Witch from the east sudah tidak ada (RIP) akibat tornado dan memberikan Dorothy sepatu ajaib. Tiba tiba datang The wicked from the West yang jahat dan dengan marah meminta sepatu merah adiknya yang diberikan Glinda untuk Dorothy.Tapi karena dilindungi Glinda, penyihirnya pergi dan berjanji kembali untuk balas dendam.

Dorothy ingin kembali ke Kansas dan Glinda menyarankan Dorothy untuk bertemu dengan wizard of Oz yang tinggal di Emerald City, orang yang mungkin bisa membantu Dorothy. Caranya adalah dengan mengikuti yellow brick road dan tidak boleh melepaskan sepatu merahnya. Dalam perjalanan dorothy bertemu dengan Scarecrow yang tidak punya brain, tin man yang tidak punya heart, dan Singa yang pengecut (no courage). Mereka bertiga menemani dorothy dan toto, anjing kecilnya dan berharap Wizard of Oz dapat membantu mereka. Masing masing dari mereka membutuhkan brain, heart, courage, and home untuk Dorothy.

Setelah bertemu dengan Wizard of Oz, Wizard meminta dorothy dan teman temannya untuk mengambil sapu ajaib milik The Wicked Witch from the West. Dorothy dengan temen temennya harus berhadapan dengan bahaya sebelum akhirnya mereka berhasil mengalahkan Penyihir jahat dan membawa sapu ajaibnya. 

Alangkah sedih mereka saat mengetahui bahwa Wizard of Oz adalah manusia biasa yang tidak mempunyai kekuatan magis. Wizard bercerita bahwa tanpa sengaja dia terdampar saat terbang dengan balon udaranya(Hot Air balloon). Namun Wizard sangat bijaksana dan dapat menyelesaikan masalah mereka. Ceritanya cukup panjang, tapi di akhir cerita, Glinda, peri dari Utara mengembalikan ketiga teman Dorothy ke rumah mereka masing masing, dan Dorothy tidak tahu selama ini sepatu ajaib yang dipakainya bisa membuatnya kembali ke rumah dengan tapping 3kali hak sepatunya, dan mengucapkan mantera"there's no place like home" 
Dorothy kembali ke kansas dalam keadaan siuman setelah pingsan oleh tornado beberapa waktu lalu. 

The Wicked, the witch form the West adalah cerita sebelum datangnya Dorothy ke Oz. Bahwa penyihir itu dulunya adalah seorang anak perempuan berkulit hijau yang diasingkan dan dibenci orang orang disekelilingnya, termasuk ayahnya sendiri. Sesungguhnya Elphaba adalah sosok anak perempuan yang patut disayang dan dikasihani. Cerita ini dipertunjukan di Broadway musical dan diperankan oleh Idina Mendez (berperan menjadi ibunya Rachel di film Glee) sebagai Elphie the Green witch dan Kristin Chenoweth (yang juga berperan di film Glee) sebagai Glinda. Lagu yang menjadi hits dalam pertunjukan ini adalah "Defying Graffity" yang juga dinyanyikan dalam salah satu episode Glee






2 comments:

Gianni's said...

my fav scene is when dorothy is met this queen, who have a head gallery.. dan anehnya... kok saya pngen punya galery itu ya? hehehe

Junita said...

ha ha ha, that's spooky:) ganti aja dengan shoes or hats...