Saturday, December 31, 2011

Holiday's Activity: Washing dishes

Siapa yang ga tau dengan metode montessori? dari anak anak kecil saya sudah banyak mempelajari buku tersebut dan ada banyak hal yang saya bisa praktekan di rumah. "Buatlah sekolah di rumah" begitu motto saya yang sekiranya sama dengan pandangan Montessori. Anak anak sudah bisa dibiasakan untuk mandiri dan melakukan tugas rutin dimulai dari rumah. Salah satunya mencuci piring dan gelas mereka. Cocok jika anak sudah berumur 2,5-5tahun)



Tujuannya: untuk mendidik anak mengkoordinasi otot otot mereka, dan
having fun mengerjakan pekerjaan rumah. Jangan lupa untuk memberitahu
mereka untuk teliti jika ada bekas kotoran mainan atau air bisa tumpah
kalau tidak hati hati

Peralatan yang saya persiapkan:
1. Mainan masak masakan mereka yang sudah waktunya dibersihkan
2. baskom/bak untuk mencuci
3. Stool untuk berdiri agar terjangkau
4. Spon
5. cairan pencuci piring
6. Apron
7. Lap
8. tempat pengering


Saya memakai peralatan makan mainan mereka, bisa saja diganti dengan
mencuci piring/gelas mereka sendiri
Pakai apron
Bak/baskom diisi air sabun, lalu saya minta anak saya paling kecil
untuk memasukan peralatan makannya kedalam baskom
Anak sulung saya melanjutkan dengan mencuci peralatan makan tersebut
di dalam baskom
dibantu adiknya untuk dibilas dengan air keran, lalu setelah bersih di
taruh ke tempat pengering (saya pakai tutup baskos sebagai wadah untuk
meniriskan air)

setelah selesai dilap dan peralatan di taruh ke tempatnya kembali


latihan hidup praktis

Sumber: Metode pengajaran montessori untuk anak Pra sekolah by
Elizabeth G.Hainstock


Kasih contoh dulu kepada anak anak bagaimana mencuci peralatan makan
yang benar, lalu pakai apron agar baju tidak basah.

Anak ke dua saya tugasnya memasukan peralatan ke dalam baskom untuk dicuci

Anak sulung saya belajar mencuci peralatan yang di rendam di dalam air sabun

mainan yang di rendam


Setelah selesai bermain, of course  di musim hujan yang rawan flu ini membuat saya kepikiran mencari resep nasi tim yang enak. kaldu ayam yang dimasak dengan nasi dan daging ayam kampung yang empuk tentu membantu membooster daya tahan tubuh anak anak. saya temukan resep yang enak disini, yummy bangeett!


Dimakan selagi panas, dengan asam mengepul, diudara yang dingin...ehm...skip diet hari ini:) Tapi sehat kok *denial*



No comments: