Sunday, April 3, 2011

Originality and Branding

Suatu hari semasa kuliah saya jalan jalan ke Bugis junction dan menemukan satu stand yang menjual pernak pernik lucu. Sebenernya kemasannya biasa aja, frame kecil dari kayu seperti seukuran magnet di kulkas. Tapi kata kata didalamnya mengandung makna yang berharga buat saya. Tulisannya,

'Be different from other people...use your imagination.'  anonymous

frame kecil ini terpajang di kamar saya menemani hari hari kuliah sampai jaman saya kerja. Saya selalu terinspirasi dengan kata kata ini.

Menurut saya, inilah kunci sukses para seniman atau business people, yaitu mereka dapat dibedakan karyanya dari orang lain. Contohnya, kenapa seorang designer bisa terkenal? karena mereka punya design karakteristik. setiap designer punya sentuhan berbeda yang dapat membuat mereka stand out from the crowd. Kita tahu mana Chanel, Christian Dior dan Givenchy.

Karya seni butuh identitas, atau branding. Branding bukan berarti cara untuk membuat customer saingan kita pindah ke kita, tapi lebih menunjukan kalau barang kita punya ciri khas dan keunikan tersendiri yang berbeda dari kompetitor. Menurut saya target untuk berbisnis bukan hanya profit.Saya lebih suka melihatnya dari segi keunikan, kepercayaan, kepuasan pelanggan dan kode etik. Branding itu perlu dan penting banget oleh karena itu saya balik lagi ke kata mutiara diatas,"use your imagination"

KINDERPLAYS adalah hasil dari daydreaming saya yang ga kesampaian untuk membuat Disneyland, ha ha ha atuh jauh bangeet! Beberapa tahun lalu saya ketemu sepupu yang mungkin ada 10tahun ga ketemu. Ada satu kata yang berkesan buat saya,"Wah, inget ga Jun waktu kecil kita suka main rumah rumahan?? waktu gue kecil gue sama adik adik gue paling girang kalau arisan di rumah loh, abis mainannya satu kamaaar!" 

Mungkin dulu karena masih kecil semua barang kelihatan gede dan banyak, he he he! seperti waktu saya revisited TK saya dulu," kok ini sekolah sempit bangeet, padahal dulu bisa lari lari?" ukurannya sama aja, kita tambah gede, hi hi hi, faktor Alice in Wonderland, tapi ini bukan karena makan cookies, ini karena kemakan umur:) 

And back to the topic. Dari perkataan tersebut saya jadi berpikir, betapa seorang anak itu bisa mengingat sampe mereka dewasa hal hal yang menyenangkan saat mereka kecil, dan betapa hal itu melekat dalam diri mereka. Nah, kalau saya buka toys rental bukan karena 'anak kan cepet bosen, baru main bentar mereka udah ga mau main lagi...' 
alasan saya adalah kalau memang anak anak bisa begitu senang eksploring permainan baru, dan setiap permainan ada unsur yang membantu perkembangan anak, kualitas yang bagus, aman dimainin dan membuat masa kecil mereka senang, kenapa ga sharing toys aja? plus siy saya juga suka mainan:) Jadilah KINDERPLAYS toys rental. Sejalan dengan waktu saya menikmati aktivitas ibu dan anak, yang membuat saya jadi rajin masukin prakarya ke facebook. Menjelang ulang tahun anak, saya pun berniat membuat sesuatu yang special untuk mereka. Again kata kata 'be different' menginspirasi saya untuk membuat custom made party. Tema karakter sudah umum di   Indonesia, saya suka melihat party yang di design khusus dan membuat ulang tahun anak lebih special. Daripada saya ngundang lima puluh orang yang ga mungkin bisa mingle semua dengan anak saya, saya buat private party yang size tamunya lebih kecil, tapi lebih personal. Sampai sekarang dalam tiap Dessert table yang saya buat, saya selalu make sure it is a cherry on top quality...

Begitulah sampai KINDERPLAYS mempunyai keunikan sendiri; Dessert table stylist, toys rental and activities. So far menurut saya belum ada di luar negripun yang membuat konsep seperti ini karena pure dari pengalaman dan ide saya. Karena saya ingin KINDERPLAYS mempunyai brand image, sama seperti contoh designer di atas yang mempunyai design/ konsep unik yang membedakan mereka dari designer lainnya

Satu lagi saya quote dari Sebastian from Little Mermaid,"you got to be you, you got yourown style!" 

Usaha yang kita jalani mesti mempunyai style sendiri dan tidak mengikuti setiap langkah yang di buat oleh orang lain. Saya yakin setiap orang mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai orang lain atau yang lebih unggul dari orang lain. Sesama designers mempunyai sesuatu yang beda untuk dioffer ke customer mereka. Issey Miyaki mempunyai keunggulan di pleating, tapi Rei Kawakubo ga ikut ikutan buat pleating kan? Kita tau rezeki sudah di atur oleh Yang Maha Kuasa, jadi kita ga perlu khawatir kalau mengenai yang satu ini,so again..."be different"


KINDERPLAYS wish to inspire you, creative mom!















3 comments:

Astrid said...

I fully agree with you. That's why I always admire you. You are really into detailed. Your creative and innovative idea, your touch and love in every work you've made.I really believe You're the one who can make your dream comes in real not other people dream. Keep up the excellent work, Sis'!!!!!!

Junita said...

Hi hi hi, what a sweet comment,thanks yah! and don't forget to live your dream:)

Jenny Lee said...

Inspiring! what else i can say? and that's what really we want to find or read from a blog...and you know something? what we wrote is what we are actually...so, fighting..nothing beats goodwill!!