Wednesday, January 4, 2012

Holidays' Activity: Pengembangan panca indera

This holiday is almost over, I will miss all the excitement of waking up in the morning and think,"what would be the fun things to do/make for the kids?"
Next I will be teaching again and Rania will definitely back to school.  Here are some of the activities we did this week. The kids were able to experiment and explore their senses. The materials you need are probably around the house, and if you are cooking, you just have to search on your kitchen:)

As far as I can remember, when I was a kid, nobody think teaching spices to kids were as important as learning math. So when I went to girlscout I flung the test of naming spices. my kids have to know this so they wouldn't blame me in the future:)) 

Spices are rich in flavors, and they have unique smell. I would like my kids to experiment the shape, texture, and smell as they already tasted some of them in their foods.


Bawang putih, bawang bombay, bawang merah, kemiri, daun salam. serei, Coba cari jenis rempah/bumbu masak yang berbau unik dan sering anda masak

Setelah di cuci bersih, ajak anak untuk memegang dan mencium baunya. iris atau patahkan agar mereka bisa mencium wangi yang masih segar



Setelah itu ajak lakukan latihan dibawah ini untuk membantu mengembangkan dan mempertajam indera anak anda. Latihan ini saya ambil dari buku metode pengajaran Montessori untuk anak pra sekolah oleh Elizabeth G. Hainstock. Latihan latihan sensoris awal ini berhubungan dengan penajaman panca indera setiap anak sehingga nantinya dapat mengasah kemampuan intelektual dan kontrol mereka, karena mereka memakai kedua tangan dan pikirannya dan ini menjadi latihan dasar montessori. Walau tampak sederhana untuk orang dewasa, tapi coba bayangkan untuk anak kecil ini seperti pertama kali kita tau cara menggunakan komputer atau smartphone:)


mempertajam indera pendengar (suitable for 3-5years old)

mempertajam indera penciuman (3-5tahun)
Mempertajam indera peraba (3-5tahun)

Saya memulai latihan dengan mengajak anak mencium bau dan menamakan bumbu bumbu tersebut. Permainan ini tidak semestinya dilakukan secara formil, jadi having fun aja dalam melakukannya. yang penting bukan berapa banyak materi yang kamu berikan, tapi kemampuan menilai kapasitas anak dan mengeluarkan rasa keingintahuan mereka. Sebenarnya cara memperkenalkan bumbu sama dengan cara memperlihatkan mainan baru, tergantung cara penyampaiannya aja.

Untuk latihan indera dengar, siapkan 12 botol kosong, bisa botol minuman kecil, bekas obat, atau wadah apapun yang sama. lalu isi bumbu bumbu yang bisa dibuat noise maker, yang bisa kemerincing, seperti beras, gula, kemiri, garam,lada, kacang hijau.
Masukan setiap bumbu ke dalam dua botol dengan jumlah kurang lebih sama, jangan terlalu penuh, agar bisa menimbulkan bunyi.

Kasih satu botol untuk di dengar anak, dengan cara ditutup matanya. Lalu di tangan yang satu lagi, berikan botol botol lainnya satu persatu untuk dikocok dan minta anak untuk memberitahu botol mana yang mempunyai suara yang sama. Biarkan dia hanya mengunakan panca indera dengarnya untuk membedakan jenis suara:)

No comments: