Tuesday, May 3, 2011

Breakfast table for my mom's party

Karena  tidak ada waktu cukup untuk mempersiapkan ultah my mom, seluruhnya benar benar kerjaan satu malam. Rencana awal liburan minggu kemarin adalah menginap dua malam jum'at dan sabtu di Hotel Gran Hyatt, Bandung. Taunya malah lanjut gonta ganti hotel sampai hari sabtu berikutnya.  Ga ada waktu untuk mikir mau diapain ulang tahunnya ini yang jatuh besok harinya. Pulang dari hotel langsung ke rumah taruh baju bekas pakai dan lanjut nginep di rumah ortu bareng anak anak.

Karena udah tau my mom ga suka ‘wah wah  pesta heboh’, saya buat sesuatu yang semua barangnya sudah ready stock dan niat belanja di kelapa gading aja yang deket,  karena yang penting untuk beliau adalah ngumpul sekeluarga

Flashback sedikit, mungkin ada sekitar sepuluh tahun lalu saya dan adik adik membuat surprise party untuk ulang tahun perkawinan ortu. Cuma sekeluarga aja yang ngerayain dengan modal dari ortu, ha ha ha! It was a time when my father used his free ‘one nights bonus and second night 50%’ at Borobodur hotel. Ceritanya untuk merayakan ultah perkawinan mereka kita semua nginep disana. Waktu itu kita sewa dua kamar gratis tapi hari berikutnya satu kamar disc 50%.  Di hari pertama tiba tiba muncul ide untuk mendekor kamar mereka dengan balon  dan membuat candle light dinner di dalam kamar mereka. Hi hi hi, waktu itu uang kita pas pasan dan judulnya masih uang jajan dari ortu. Saya tel dekor balon tapi harganya ‘oh mahal amat!’ kita Cuma punya waktu beberapa jam untuk set up kamar, tanpa sepengetahuan ortu. Jadi lah saya mendelegasikan tugas, lupa bagaimana cerita detailnya, tapi kita beli balonnya di sogo plaza Indonesia dulu masih muraaah Rp. 20,000 dapetnya udah yang bagus banget! Trus nyari kado di kelapa gading, vas bunga dan 2candle holder dengan silver candles yang semuanya sampai sekarang masih di pajang di rumah ortu. Waktu itu inget deh semua uang tabungan terkuras.
Menjelang sore, ortu udah pulang ke rumah dan berniat untuk ga ambil lagi disc 50% karena maunya sama anak anak di rumah, sedangkan bersamaan dengan itu, di dalam Kijang adik saya udah disuruh mompain balon, biar sampai di hotel tinggal mompa sisanya. karena ga kena juga dibujuk ngaku deh saya kalau kita lagi mau buat surprise party *ga lucu banget* barulah setelah itu mereka setuju berangkat. Langsung kita (kalau ga salah adik saya yang paling kecil panas tinggal di rumah, saya bareng adik perempuan saya melaju ke Borobudur mendahului ortu) sampai disana saya minta adik saya terus mompa balon sampai semua lantai kamar dan tempat tidur tertutup balon warna pastel yang cantik itu. Adik saya udah kecapean dan mulai ngambek, sayapun udah lemes waktu melangkah kaki ke restaurant Jepang di bawah untuk minta di kirim makanan ke kamar.  Disana sambil order managernya sampai kasihan dan di suruh minum, tapi saya minta cepat karena ortu sedang menuju kemari. Fortunate for us, room servicenya cepet banget , karena beberapa menit sebelum ortu masuk ke kamar, mereka sudah selesai setting meja bundar dengan kain linen putih ditata manis lengkap dengan sajian hasil orderan saya dibawah tadi. Sempet juga saya menambah vas kado, dan menyalakan  lilin perak di meja.  Saat mereka masuk, tentunya, perasaan lebay banget. Saya cuma inget kata kata “aah! Oooh! Wowww!’ dari mulut mereka trus kita masuk ke kamar mandi. Adik saya sempet tidur di bath tub kalau ga salah, ha ha ha! Dasar ortu, mereka ga tega makan candle light dinner berdua, mereka ngajak kita bareng bareng makan di meja. Adik saya yang udah kelaperan mau aja lagi. Tapi yah, yang penting mereka udah dapet momennya.  Kita pulang malam itu, dan ortu tinggal di hotel.


Dari mereka berdua yang paling lebay adalah ibu saya, but of course we adore her:) Ceritanya dia ga tega untuk ninggalin semua balon yang sudah kita buat karena itu adalah hasil pompaan anak anaknya, maka semaleman ibu saya kempesin SEMUA balon yang ada di kamar dan disimpen di lemari sampai sekarang! my father told me that he didn't have enough sleep! dalam tidurnya dia denger bunyi balon kempes ,"ssshhhhhhh, sssshhh, tteeeeet" gitu kali bunyinya. Besok paginya saat sarapan pagi menurut cerita ortu, mereka berdua mendapat banyak sapaan dari para staf yang tau kejadian tadi malam. Rupanya mereka bilang ke teman teman mereka. What touched me most was when I heard my father told his friends about how proud he was to his children and how spectacular the dining table was...padahal setau saya beliau paling pelit ngasih pujian;p

Years later... May 1st 2011. This is the table scape that I created for her bday...
Photographed by Ilumotto


di piring ini saya sajikan crackers Arnott's, olive, Australian GOLD creamy camembert cheese dan  processed cream cheese spread yang merk Puck (enaaak banget sampai beli dua gelas! favorite seluruh keluarga dalam satu kali gigitan) ir has us at hallo! ditabur smoked beef yang di iris kasar atasnya, serta strawberry untuk garnish

macaroons tier paling atas beli di Bakerzinn, whoopie pie tier ke dua dari Starbuck, tier ketiga sandwich mini bread,wholewheat dengan olesan cream cheese Puck dan meises merk Ceres

assorted macaroons


Mousse dari breadtalk:)

Assorted mousse with butter


Gelas koleksi pribadi, garnish dengan strawberry dan potongan nenas, untuk disajikan dengan sparkling grapefruit

Croissant and wholewheat bread dibeli di breadtalk dan Foodhall
Cakepops dibeli di Starbuck



Black tea merk twining isi lima rasa di foodhall


Add caption



mamma Ros juice, Harvest's tiramisu birthday cake
Makanan ini sukses dipajang sampai jam sepuluh pagi, karena toh lidahnya tetep ke meja sebelah. Sudah tradisi puluhan tahun setiap hari minggu pagi selalu masak bubur menado dengan sambal ikan roa sprinkle ikan asin gabus, yummy! gaya sok barat lidah masih nusantara, hi hi hi! Go Indonesian food!




siangnya acara berlanjut makan siang bersama di hotel Sari Pan pacific. Ini memang hotel tua tapi karena yang ulang tahun mau bernostalgia makan ju ju steak di restaurant jepang, off we went. Ceritanya ibu saya yang sangat cantik namun ooh lebay inget masa masa kita masih kecil pulang sekolah langsung dijemput untuk makan siang bareng di resto jepang Sari Pan Pacific dengan menu ju ju steak. Itu kayak hotplate ada toge dan daging tipis dimakan dengan saus kecap dan saus kacang. masih ada looh sampai sekarang dan menurut saya porsinya pas ga kurang, dari waktu kecil sampai sekarang. ooh berarti porsinya memang ditambahin kali yah? anyway beliau keinget waktu adik perempuan saya disuapin batu, hi hi hi! soalnya dia kalau makan ju ju steak ini rakus sekali! 


trus nangis deh my mom karena adik saya lagi sekolah di luar ga bisa ikut, padahal disini lengkap anak, mantu dan cucu. Memang kalau sudah jadi granparents rasanya hidup lengkap dengan cucu, hiks!


Mom with niece Freya, father with Pash and Rania

Untuk melengkapi kebahagiaan di hari ulang tahunnya, pulang dari situ saya sama adik saya mampir ke Sogo plaza Indonesia untuk beli apple strudel di Corica. Jaman dulu memang suka banget sama dessert ini dan sampai sekarang masih enak rasanya, ada apple struddle dan blueberry. 

click here

click here


Saya beli setengah setengah dan rasanya kayak es krim gituu enakkkk! Mungkin ga akan lengkap tanpa kehadiran adik perempuan saya, tapi at least saya udah berusaha membuat hari ini special to the MAX! yang paling beliau seneng of course karena saya dan anak anak nginep di rumah mereka jadi bangun pagi anak anak langsung bangunin untuk nyelametin beliau. Happy birthday mom, semoga sehat dan panjang umur, berezeki, dan selalu dikelilingi orang orang yang selalu mencintai dan ga terlalu lebay yah, hi hi hi *peluk erat* tante ana oleh olehnya di kirim yah, we miss you soo much!


3 comments:

Anonymous said...

ohhh so cute..

Anonymous said...

ceritanya lucu banget. every family has their own stories which can be pass on to the next generation.

Anonymous said...

ihh cucu2nya manis sekali