Thursday, October 28, 2010

Toffee Apple

Cuaca dingin selalu mengingatkan saya dengan masa masa kuliah. Kalau mulai masuk musim dingin, anginnya menusuk sampai tulang. stocking, thermal underwear, jaket, semua sudah dipasang, tapi tetep aja muka kayak jadi popsicle. Kadang kalau lagi jalan sendiri pulang, abis kuliah dan muter muter di mal, saya suka melihat orang orang jualan buah dipinggir jalan, dan favorite saya adalah... toffee apple! buah apple yang dicelupin gula, campuran dari applenya yang segar dan manisnya gula yang pecah dimulut bikin saya lupa dengan cuaca dingin, dan konsentrasi dengan rasanya toffee apple ini. Berikut saya sadur resepnya dari sini. Perkiraan memasak hanya sekitar 20menit


 Untuk membuat toffee apple, anda memerlukan:


8buah apple segar
1,5 cangkir gula kaster
1sdm cuka
1/2cangkir air
6tetes pewarna makanan merah
8 stik lolypop, sumpit yang dibagi dua atau tusuk satay 


Bersihkan apel dan congkel tangkainya lalu tusuk stik kedalam apel sampai kira kira sudah masuk 3/4nya, biar steady


Campur gula, air dan cuka, masak lima menit dengan api sedang sampai larut


Lalu besarkan api sedikit agar berubah warna (caramel), tes dengan menggunakan sendok kecil didalam gelas berisi air dingin. Jika terlihat seperti benang yang sudah mulai keras berarti sudah siap

tambahkan pewarna makanan lalu celupkan apel ke dalam toffee dan putar putar sampai seluruh apel diselimuti (yum oh yum!)

Letakkan apel diatas kertas minyak sampai dingin. (jangan minta bantuan anak anak untuk mencelupkan apel karena sausnya cukup panas. Menjelang halloween pula, dessert yang cocok untuk halloween party. 





No comments: